Meningkatkan Product dengan Evaluasi
Sering kali kita temukan rekan-rekan Managemen internal tidak nyaman ketika diminta merasa hsil penjualan yang dirasa kurang memuaskan ( walaupun pencapian target 90 % ) mungkin dengan target asli sdh mencapai 115 %.
Dampak dari ini pasti bagian Sales/Marketing yang akan menjadi sasaran marah sang “ KOMANDAN “ ( biar dia sendiri blm pernah ikut bertempur ), itu sdh jelas dan dilanjutkan dengan kata-kata target kita hanya tercapai 90 % ( sesuai dg data penjualan ), untuk bulan depan kita hrs mencapai minimum 110 % agar target kita bln kemarin bisa tertutup, alhasil sales / marketing berusaha dengan jalan apapun supaya target bln ini bisa tercapai 110 % dan memang pada akhir bln dihitung target bisa mencapai 112 % tdk lagi 110 % seperti renca KOMANDAN.
Sales / marketing kebanjiran “ BONUS “ komandan senang, alhasil 1 triwulan kedepan KOMANDAN dipanggil ke Kantor pusat karena hasil penjualannya ternyata yang bisa berpengaruh kepada perusahaan hanya 35 %.
Dengan muka merah padam sang KOMANDAN esoknya mengumpulkan seluruh pasukan sales / marketingnya dan mendamprat habis-habisan pasukannya ( biasanya KOMANDAN lupa untuk evalusi hasil kinerjannya dan biasanya KOMANDAN seperti ini lama menduduki kursinya ).
“ Kami tidak menyalahkan mereka karena kami tentunya juga sadar bahwa biasanya para sales terutama karyawan internal ( soalnya biasanya sales mengambil tenaga dari luar ) hanya bisa bilang ini dan itu.( sesekali menhitung kelebihan uang Kantor ).
KOMANDA biasanya kalau dihadapi masalah seperti ini akhirnya berkata " mau tidak mau " mereka harus diberikan briefing ulang mengenai apa saja yang bisa mereka ‘cari’ di Sales/Marketing ini.
Hari ini kita akan sharing mengenai ceklis dan akan saya pimpin sendiri, saya informasikan pada mereka untuk melakukan “ EVALUASI “ terhadap bagian sales/ marketing.
Coba mari kita lihat satu persatu mungkin ini bisa membantu kita di lapangan ( ini ujar penulis )
Apakah sasaran mutu sudah dimiliki di bagian sales / marketing? ( karena managemen bingung kog nanya sales punya " SASARAN MUTU " )
Apakah ada action plan untuk mencapai sasaran mutu? Jika ada telusuri apakah rencana dijalankan atau tidak.
Apakah sasaran mutu pencapaiannya dimonitor secara berkala?
Apakah ada tindakan corrective action dilakukan ketika sasaran mutu tidak tercapai?
Target sasaran mutu masih menantang? ( mungkin bahkan terlalu menantang ( karena KOMANDAN pingin cepat target tercapai terus ini,…….itulah,………..)
Apakah sales memilaki data pelanggan yg akan diprospek, memiliki informasi yang jelas kemana mereka harus bertanya apabila ada masalah dilapangan
Apakah sudah ada mekanisme untuk penanganan komplain?
Apakah ada follow-up dari masing-masing komplain yang diterima?
Apakah ada tindakan perbaikan untuk komplain-komplain yang diterima?
Apakah ada yang melakukan pemantauan jika tindakan perbaikan yang dilakukan terhadap komplain melibatkan dinas terkait.
Siapa yang melakukan monitoring pelaksanaan dan batas waktu dari komplain ini?
Apakah ada tindakan langsung yang dilakukan untuk mengatasi kekecewaan dari pelanggan?
Mungkinkah tidakan survey perlu dilakukan terlebih dahulu
Apakah sudah ada metode untuk melakukan survey kepuasan pelanggan?
Apakah survey melibatkan pelanggan-pelanggan penting dari perusahaan kita ?
Apakah sudah ada atau terkumpulnya data ( kompulasi hasil survey ini? )
Apakah sudah ada rencana kerja yang harus dilakukan untuk mengatasi point-point yang masih lemah dari hasil analisa ini?
Apakah rencana tersebut dijalankan? ( terserah Anda semua )
Proses spesifik di Sales/Marketing
Apakah sales/marketing memiliki rencana kerja /rencana event promosi/canvasing dll yang harus dilakukan? Jika ada, apakah sudah dijalankan sesuai dengan jadwal yang ada?
Apakah event promosi, canvasing,demo,pelatihan dll sdh dibuat rencananya. ( dananya dari mana ?
Pelaksanaannya hrs ada laporannya ? ( atau kalau mungkin sdh ada hasilnya )
Apakah masing-masing sales dan marketing memiliki price list yang paling up to date? ( ini sangat diperlukan buat seorang sales yg hebat kita ambil contoh biasanya sales asuransi )
Apakah approval penentuan harga dan diskon utk bln ini sdh tersusun rapi. yang dikeluarkan sales/marketing sesuai dengan kebijakan internal yang ada? ( biasanya lebih dikenal dengan istilah “ GIMMICK “
Apakah sales dan marketing memiliki pengetahuan produk yang baik? (mampu menjabarkan kelebihan produk kita dibandingkan kompetitor sejenis) ( sales seperti ini hrs diberi nilai lebih dr sales yg lain munculkan reward )
Apakah pemberian sampel gratis (jika ada dan jangan dibawa pulang untuk dirumah loh ) terhadap pelanggan, VIP,VVIP, atau Pelanggan yg loyal terhadap perusahaan dan apakah sdh tercatat dengan baik?
Poin-poin di atas dapat membantu Anda ketika akan melakukan sukses dalam hal penjualan suatu produk.
Maaf ya karena ini sdh jamnya saya waktu minum kopi dan teman-teman sdh menunggu, maka saya sudahi dulu ini, mestinya masih banyak hal lain yg akan saya tulis.
Semua tulisan atau data tadi yg membuat seharusnya karyawan Internal Perusahaan itu sendiri.
Chaoooooooooooooo,……………..
Mr. Solanang
Pages
Friday, July 2, 2010
Meningkatkan Product dengan Evaluasi
Label:
evaluasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
.
http://solanang.blogspot.com
Rumah super mewah dijual sangat murah.
Harga Rp.750.000.000,-
Yang berminat hubungi Mr. Bens / 082143080062
Email : ipokjoz@gmail.com
Tanpa perantara.
Lokasi Bojonegoro
Ronny Kaca-mata MP3
Agen kaca mata MP3, harga mulai dari Rp.2.000.000 s/d Rp.3.500.000,-
Call Ronny 082143060077
Toko obat kuat
Jual berbagai jenis obat juat khusu Pria
Dapatkan disini VIAGRA harga grosir Rp.60.000 / tablet.
Pembelihan 10 tablet dikirim kealamat ditambah biayah kirim Rp.100.000,-
Hub 085235002224
.







No comments:
Post a Comment